Kamis, 10 Oktober 2019

Statistik







DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL...................................................................................... i
KATA PENGANTAR................................................................................... ii
DAFTAR ISI.................................................................................................. iii
BAB I............................................................................................................... 1
PENDAHULUAN.......................................................................................... 1
A.    Latar Belakang..................................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah................................................................................. 2
BAB II............................................................................................................. 3
PEMBAHASAN............................................................................................. 3
A.    Statistik dan Parameter......................................................................... 3
B.     Data Kontinu dan Data Diskrit............................................................ 7
C.     Skala Pengukuran Statistik................................................................... 9
D.    Sampel dan Populasi............................................................................. 11
BAB III............................................................................................................ 18
PENUTUP...................................................................................................... 18
A.    Kesimpulan........................................................................................... 18
B.     Saran..................................................................................................... 18
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................... 20


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Ilmu statistik memegang peranan penting dalam penelitian, baik dalam penyusunan model, perumusan hipotesa, dalam pengembangan alat dan instrumen pengumpulan data, penyusunan design penelitian, serta penentuan sampel dan dalam analisis data. Dalam banyak hal, pengolahan dan analisa data tidak luput dari penerapan teknik dan metode statistik tertentu, yang mana kehadirannya dapat memberikan dasar bertolak dalam menjelaskan hubungan-hubungan yang terjadi. Statistik dapat digunakan sebagai alat untuk mengetahui apakah hubungan kausal antara dua atau lebih variabel benar-benar terkait secara benar dalam suatu kausalitas empiris ataukah hubungan tersebut hanya bersifat random atau kebetulan saja.
Ilmu statistik telah memberikan teknik-teknik sederhana dalam mengklasifikasikan data serta dalam menyajikan data secara lebih mudah. Statistik telah menyajikan suatu ukuran yang dapat dimengerti secara lebih mudah. Statistik dapat menyajikan suatu ukuran yang dapat mensifatkan populasi ataupun menyatakan variasinya, dan memberikan gambaran yang lebih baik tentang kecenderungan tengah-tengah dari variabel.
Statistik dapat menolong peneliti untuk menyimpulkan apakah suatu perbedaan yang diperoleh benar-benar berbeda secara signifikan. Apakah kesimpulan yang diambil cukup refresentatif untuk memberikan infensi terhadap populasi tertentu.
Penarikan kesimpulan secara statistik memungkinkan peneliti melakukan kegiatan ilmiah secara lebih ekonomis dalam pembuktian induktif. Tetapi harus disadari bahwa statistik hanya merupakan alat bukan tujuan dari analisa. Karena itu, janganlah dijadikan statistik sebagai tujuan yang menentukan komponen-koponen peneliti yang lain.
Ketika seorang pemimpin, baik itu pemimpin dalam sebuah perusahaan ataupun sebuah negara, ingin menjalankan tugasnya dengan baik maka hal pertama yang meski dimiliki adalah kemampuan mengidentifikasi dan memahami masalah sehingga pemimpin tersebut bisa merencanakan dan merumuskan solusi terbaik untuk memecahkan suatu masalah. Albert Einstein mengatakan memahami masalah sudah 50% solusi dari masalah itu sendiri maka memahami masalah sangatlah penting dan mutlak diperlukan agar mampu membuat solusi yang terbaik.
A.    Rumusan Masalah
1.      Apa itu statistik dan parameter?
2.      Apa itu data kontinu dan data diskrit?
3.      Apa itu skala pengukuran statistik?
4.      Apa itu sampel dan populasi?





















BAB II
PEMBAHASAN

A.    Parameter dan Statistik
Parameter adalah bilangan nyata yang menyatakan sebuah karakteristik dari sebuah populasi, contohnya mean populasi, varians populasi dan simpangan baku.
Statistik adalah bilangan nyata yang menyatakan sebuah karakteristik dari sebuah sampel, contohnya mean/rata-rata sampel, varians sampel, simpangan baku sampel.
Pada umumnya parameter populasi tidak diketahui karena banyaknya anggota populasi yang umumnya sangat besar sehingga peneliti tidak mampu atau tidak mau meneliti seluruh anggota populasi, sedangkan statistik sampel dapat dihitung karena banyaknya anggota sampel realtif sedikit. Sehingga, hakikat belajar statistik yaitu menghitung statistik sampel untuk menduga/menguji parameter populasi, (notes; dalam menduga, menguji ada peluang kesalahan.
Dalam matematika, parameter adalah sesuatu dalam persamaan yang diteruskan dalam suatu persamaan. Itu berarti sesuatu yang berbeda dalam statistik. Parameter adalah nilai yang memberi tahu Anda sesuatu tentang populasi dan merupakan kebalikan dari statistik, yang memberi tahu Anda sesuatu tentang sebagian kecil dari populasi.
Parameter tidak pernah berubah, karena semua orang (atau semuanya) disurvei untuk menemukan parameter. Misalnya, Anda mungkin tertarik pada usia rata-rata setiap orang di kelas Anda. Mungkin Anda bertanya kepada semua orang dan ternyata usia rata-rata adalah 25 tahun. Itu adalah parameter, karena Anda bertanya kepada semua orang di kelas.
Sekarang katakanlah Anda ingin mengetahui usia rata-rata setiap orang di kelas atau tahun Anda. Jika Anda menggunakan informasi itu dari kelas Anda untuk menebak pada usia rata-rata, maka informasi itu menjadi statistik. Itu karena Anda tidak bisa memastikan tebakan Anda benar (meskipun mungkin akan dekat!).
Statistik bervariasi, anda tahu usia rata-rata teman sekelas anda adalah 25. Anda mungkin menebak bahwa usia rata-rata setiap orang di tahun anda adalah 24, 25, atau 26. Anda mungkin menebak usia rata-rata untuk perguruan tinggi lain di daerah anda adalah sama. Dan anda bahkan dapat menebak bahwa usia rata-rata untuk mahasiswa di Indonesia. Ini mungkin bukan tebakan yang buruk, tetapi ini adalah statistik karena anda tidak bertanya kepada semua orang.
1.      Asal kata Parameter
Kata ini ditemukan pada 1914 di E. Czuber, Wahrscheinlichkeitsrechnung, Vol. I dan pada tahun 1922 di Ronald A. Fisher, “On the Mathematical Foundations of Theoretical Statistics.” Fisher adalah seorang ahli statistik, ahli biologi dan genetika Inggris.
2.      Parameter dalam Statistik  Notasi
Parameter biasanya huruf Yunani ( σ) atau huruf kapital ( P). Statistik biasanya berupa huruf Romawi ( s). Dalam kebanyakan kasus, jika Anda melihat huruf kecil ( p), ini adalah statistik. Tabel ini menunjukkan berbagai simbol. Beberapa mungkin terlihat sama tetapi perhatikan baik huruf kecil dan besar.
Pengukuran
Statistik (Roman atau hurup kecil)
Parameter (Greek atau kapital)
Proporsi Penduduk
P
P
Elemen Data
X
X
Populasi Berarti
μ
Simpangan baku
S
σ
Perbedaan
s2
σ2
Jumlah elemen
N
N
Koefisien Korelasi
R
ρ

              Tips: Dalam statistik, parameter kata jarang muncul. Itu karena SEMUA yang kita tangani adalah statistik! Anda mungkin melihat sesuatu seperti “mean populasi.” Itu membuatnya lebih jelas tentang seluruh parameter. Ketika Anda melihat hanya “jahat,” itu biasanya statistik.
3.      Parameter dalam Statistik  Akurasi
Akurasi menjelaskan seberapa dekat statistik Anda dengan parameter populasi tertentu. Misalnya, Anda mungkin sedang mempelajari bobot wanita hamil. Jika median sampel populasi Anda adalah 75 kg dan statistik sampel Anda adalah 75 kg, maka Anda dapat membuat pernyataan tentang keakuratan sampel Anda.
Statistik pada umumnya tidak seakurat yang kita inginkan, meskipun mereka adalah alat terbaik yang kita miliki saat ini untuk membuat prediksi tentang populasi. Menurut The Economist, makalah ilmiah tidak terlalu dapat diandalkan. John Loannisis, seorang ahli epidemiologi Yunani, berpendapat bahwa sebanyak 50 persen makalah ilmiah ternyata salah.
Faktor-faktor yang berkontribusi pada hasil palsu termasuk ukuran sampel yang terlalu kecil, penelitian yang dirancang dengan buruk dan bias peneliti yang disebabkan oleh kepentingan finansial atau agenda pribadi. Pertanyaan, Dalam sensus, bagaimana statistik yang dihitung dibandingkan dengan parameter populasi yang sesuai?
Apa yang sebenarnya ditanyakan oleh pertanyaan ini adalah, seberapa akurat sensus itu? Jawabannya adalah (secara mengejutkan) bahwa sensus itu sangat akurat, memberi atau mengambil persentase kecil. Persentase kecil itu lebih cenderung minoritas, orang berpenghasilan rendah dan orang yang tinggal di daerah pedesaan.
Pada saat penulisan, sensus terbaru adalah sensus 2010. Secara historis, sensus semakin akurat. Sensus 2010 menyatakan bahwa total populasi AS adalah 308.745.538 pada 2010, meningkat 9,7 persen dari jumlah sensus 2000. Ini menghitung secara berlebihan total populasi AS sebesar 0,01 persen. Itu hanya 36.000 orang – tidak buruk ketika Anda menganggap populasi A.S. lebih dari 300 juta. Bandingkan itu dengan over-count 0,49 persen pada 2000 (sekitar satu juta orang) dan under-count 1,61 persen pada 1990.
Beberapa fakta kunci:
-          Penyewa tidak dihitung.
-          Pemilik rumah terlalu berlebihan dihitung.
-          2,1 persen orang kulit hitam Amerika terlewatkan. Menurut Denver Post, ini adalah peningkatan besar dibandingkan angka 1940, ketika diperkirakan black under-count adalah 8,4 persen.
-          1,5 persen orang Hispanik terlewatkan.
-          Kulit putih non-hispanik dihitung secara berlebihan.
Mengapa kelompok-kelompok ini tidak dihitung secara akurat?
-          Aksesibilitas, Orang-orang di daerah pedesaan mungkin sulit atau tidak mungkin dijangkau melalui surat. Beberapa lokasi menggunakan alamat “pengiriman umum” dari pada alamat tetap.
-          Hambatan dan pendidikan bahasa, Orang yang belajar bahasa Inggris mungkin mengalami kesulitan memahami bentuk sensus. Orang dengan pendidikan rendah dan kemampuan baca tulis juga mungkin tidak memahami pentingnya menanggapi sensus.
-          Kecurigaan Pemerintah, Beberapa orang mungkin berpikir bahwa sensus akan digunakan untuk melawan mereka. Beberapa orang tidak ingin berada dalam database pemerintah. Sebagai contoh: imigran ilegal, orang-orang dengan surat waran pada mereka, orang-orang yang berhutang atau tunggakan pajak.




B.     Data Kontinu dan Data Diskrit
Data kontinu  yaitu data yang didapat dari hasil pengukuran. Data hasil pengukuran diperoleh dari tes, kuesioner ataupun alat ukur lain yang sudah terstandar misalnya timbangan, panjang ataupun data psikologis yang lain. yang termasuk data kontinum ini adalah interval dan rasio.
Data diskrit yaitu data data yang tidak dikonsepsikan adanya nulai-nilai di antara data (bilangan) lain yang terdekat contoh banyaknya jumlah anak di suatu keluarga, jumlah rumah di suatu kampung. Misalnya juka bilangan 2 dan 3 menunjukan jumlah anak anak di keluarga A dan keluarga B, maka di antara kedua bilangan tersebut tidak ada bilangan-bilangan lain. Tidak pernah kita mengatakan bahwa jumlah anak di suatu keluarga adalah 2,4 atau 2,9. Data didapatkan dari perhitungan dan pengukuran. Pengukuran adalah penggunaan aturan untuk menetapkan bilangan pada obyek atau peristiwa. Dengan kata lain, pengukuran memberikan nilai-nilai variabel dengan notasi bilangan. Aturan penggunaan notasi bilangan dalam pengukuran disebut data atau tingkat pengukuran (scales of measurement).Secara lebih rinci, dalam statistik terdapat 4 data pengukuran yaitu nominal, ordinal, interval dan rasio.
§  Variabel Diskrit dan Variabel Kontinu
 Dalam penelitian kuantitatif atau statistika, penggolongan data diskrit dan kontinu sangat penting, tergantung dari apakah variabel yang diteliti tersebut apakah berjenis variabel diskrit ataukah variabel kontinu. Banyak orang yang keliru memperlakukan data karena ketidakpahaman tentang kedua variabel tersebut.
            Pertanyaan yang sering muncul dan sering ditanyakan adalah Apa yang dimaksudkan dengan Variabel Diskrit ? Lalu, apa yang dimaksud dengan variabel kontinu ? Bagaimana hubungan antara variabel diskrit dan kontinu dengan data diskrit dan kontinu ?
            Berikut ini adalah jenis variabel yang sering digunakan dilihat dari data yang ada dari masing-masing variabel.
1.  Variabel Diskrit
            Variabel Diskrit adalah variabel yang berupa data pengkategorian atau membedakan atau mengelompokkan jenis tertentu. Biasanya data untuk jenis variabel ini didapatkan dari hasil menghitung. Data untuk variabel yang bersifat diskrit sering disebut data Nominal atau data dikotomi. Misalnya: Data dikotomik 1 untuk kategori benar dan 0 untuk kategori salah. Ada juga yang mengkategorikan 1 untuk laki-laki maupun 0 untuk perempuan. Contoh lainnya misalnya kita memilih 10 dari 15 anak tetapi kita tidak bisa menyatakan : saya membutuhkan 41/2 orang anak. Singkatnya variabel diskrit adalah variabel yang data datanya berupa nilai nilai bilangan bulat dan nilai nilai tersebut hanyalah sebagai label sehingga tidak dapat digunakan untuk menghitung.
2.  Variabel Kontinu
            Variabel kontinu merupakan variabel yang datanya bisa dioperasikan secara matematika. Data untuk variabel kontinu didapatkan dari proses mengukur sehingga data tersebut bisa berbentuk pecahan atau dalam bentuk desimal, misalnya, 3,5 meter, nilai 7,5, rata-rata 7,0 dan lain-lain. Secara umum variabel kontinu memiliki nilai nilai yang merupakan hasil pengukuran. Contoh dari data untuk variabel ini adalah nilai tes, ranking, tinggi badan, berat badan, panjang, jarak. Jika dikelompokkan, data untuk variabel kontinu dapat digolong-golongkan sebagai data ordinal, data interval dan data rasio.
a.       Data ordinal
                  Data ordinal merupakan data peringkat. misalnya peringkat 1, peringkat 2 danperingkat 3. Angka peringkat 1, 2 dan 3 memiliki makna lebih tinggi atau lebih rendah. Misalnya siswa yang mendapat peringkat 1 tentu saja lebih baik dari siswa yang mendapatkan peringkat 2. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa kita tidak dapat menjumlahkan peringkat 1 dan peringkat 2.
b.      Data Interval
                  Berbeda dengan data ordinal, data interval merupakan data yang sudah dapat digunakan dalam operasi hitung. Selain itu, data interval mempunyai adanya jarak yang jelas di antara masing-masing data. Misalnya, Jika MK bernilai 1 sks diberikan waktu 50 menit, MK dengan jumlah 2 sks diberikan waktu 100 menit. Rentangan antara data adalah 5o.
c.       Data rasio
                  Data rasio merupakan data pengukuran yang juga dapat digunakan dalam opreasi hitung. Angka dalam data rasio merupakan angka yang sesungguhnya, bukan hanya sebagai simbol misalnya, data berat badan, tinggi badan, data lingkar pinggang dan lain-lain.

C.    Skala Pengukuran Statistik
            Ada 4 macam skala pengukuran yaitu: skala nominal, skala ordinal, skala interval dan skala rasio.
     1. Skala nominal
            Adalah skala yang semata-mata hanya untuk memberikan indeks, atau nama saja dan tidak mempunyai makna yang lain. Contoh:
Data
Kode (a)
Kode (b)
Yuni
1
4
Desi
2
2
Ika
3
3
Astuti
4
1

Keterangan: Kode 1 sampai dengan 4 (a) semata-mata hanyalah untuk memberi tanda saja, dan tidak dapat dipergunakan sebagai perbandingan antara satu data dengan data yang lain. Kode tersebut dapat saling ditukarkan sesuai dengan keinginan peneliti (menjadi alternatif b) tanpa mempengaruhi apapun.

     2. Skala ordinal
            Adalah skala ranking, di mana kode yang diberikan memberikan urutan tertentu pada data, tetapi tidak menunjukkan selisih yang sama dan tidak ada nol mutlak. Contoh:


Data
Skala Kecantikan (a)
Skala Kecantikan (b)
Yuni
4
10
Desi
3
6
Ika
2
5
Astuti
1
1

            Skala kecantikan (a) di atas menunjukkan bahwa Yuni paling cantik (dengan skor tertinggi 4), dan Astuti yang paling tidak cantik dengan skor terendah (1). Akan tetapi, tidak dapat dikatakan bahwa Yuni adalah 4 kali lebih cantik dari pada Astuti. Skor yang lebih tinggi hanya menunjukkan skala pengukuran yang lebih tinggi, tetapi tidak dapat menunjukkan kelipatan. Selain itu, selisih kecantikan antara Yuni dan Desi tidak sama dengan selisih kecantikan antara Desi dan Ika meskipun keduanya mempunyai selisih yang sama (1). Skala kecantikan pada (a) dapat diganti dengan skala kecantikan (b) tanpa mempengaruhi hasil penelitian.
            Skala nominal dan skala ordinal biasanya mempergunakan analisis statistik non parametrik, contoh: Korelasi Kendall, Korelasi Rank Spearman, Chi Square dan lain-lain.

     3. Skala interval
            Skala pengukuran yang mempunyai selisih sama antara satu pengukuran dengan pengukuran yang lain, tetapi tidak memiliki nilai nol mutlak. Contoh:
Data
Nilai Mata Kuliah (a)
Skor Nilai Mata Kuliah (b)
Yuni
A
4
Desi
B
3
Ika
C
2
Astuti
D
1

            Tabel di atas menunjukkan bahwa nilai A setara dengan 4, B setara dengan 3, C setara dengan 2 dan D setara dengan 1. Selisih antara nilai A dan B adalah sama dengan selisih antara B dan C dan juga sama persis dengan selisih antara nilai C dan D. Akan tetapi, tidak boleh dikatakan bahwa Yuni adalah empat kali lebih pintar dibandingkan Astuti, atau Ika dua kali lebih pintas dari pada Astuti. Meskipun selisihnya sama, tetapi tidak mempunyai nilai nol mutlak.

     4. Skala rasio
            Adalah skala pengukuran yang paling tinggi di mana selisih tiap pengukuran adalah sama dan mempunyai nilai nol mutlak. Contoh:
Data
Tinggi Badan
Berat badan
Yuni
170
60
Desi
160
50
Ika
150
40
Astuti
140
30

            Tabel di atas adalah menggunakan skala rasio, artinya setiap satuan pengukuran mempunyai satuan yang sama dan mampu mencerminkan kelipatan antara satu pengukuran dengan pengukuran yang lain. Sebagai contoh; Yuni mempunyai berat badan dua kali lipat berat Astuti, atau, Desi mempunyai tinggi 14,29% lebih tinggi dari pada Astuti.

D.    Sampel dan Populasi
1.      Populasi
            Populasi merupakan keseluruhan (universum) dari objek penelitian yang menjadi pusat perhatian dan menjadi sumber data penelitian. Objek penelitian dapat berupa manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, gejala, nilai, peristiwa, sikap hidup, dan sebagainya.  Apabila kita lihat definisi tersebut, pengertian populasi bisa sangat beragam sehingga kita harus mendefinisikan populasi tersebut dengan jelas dan tepat. Dilain pihak, sampel yang merupakan pewakil dari populasi harus dapat menggambarkan karakteristik populasi tersebut karena sampel digunakan untuk menggeneralisasi suatu populasi. Dengan demikian, sampel harus betul-betul bersifat representatif sehingga dapat mewakili dan mencerminkan karakteristik populasi dari mana sampel itu diambil.
Berikut ini adalah contoh suatu populasi:
·         Populasi Mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad)
·         Populasi Mahasiswa Fakultas Pertanian (Faperta)
·         Populasi Mahasiswa Agroteknologi, Faperta, Unpad
·         Populasi Mahasiswa Agroteknologi Angkatan 2009, Faperta, Unpad
·         Populasi Mahasiswa Agroteknologi Kelas A, Angkatan 2009, Faperta, Unpad
            Apabila kita perhatikan contoh populasi di atas, pengertian populasi di sana bersifat relatif, pendefinisiannya tergantung dari si Peneliti, apakah dia ingin mengetahui Populasi Mahasiswa Unpad secara keseluruhan ataukah hanya tertarik pada populasi mahasiswa Agroteknologi angkatan 2009 saja.
            Kita harus hati-hati dalam mendefinisikan suatu populasi. Populasi harus didefinisikan dengan jelas dan tepat. Misalnya, kita ingin mengetahui rata-rata nilai IPK mahasiswa Unpad. Berarti parameter/sifat/ciri yang ingin diketahui adalah rata-rata nilai IPK mahasiswa dan obyek yang ditelitinya adalah Mahasiswa Unpad. Jika kita merumuskan populasi seperti ini, rumusannya sudah jelas tapi belum tepat. Jelas maksudnya: (1) parameter yang ingin diteliti sudah jelas, yaitu Nilai IPK mahasiswa Unpad dan bukan parameter lain, seperti tinggi, nilai IQ dan sebagainya (2) populasinya hanya mahasiswa Unpad bukan nilai IPK mahasiswa dari universitas lain. Belum tepat maksudnya, apabila kita berbicara tentang mahasiswa Unpad cakupannya cukup luas. Apakah kita akan mendata nilai IPK semua mahasiswa Unpad dari semua angkatan, baik yang masih aktif, non aktif, meninggal, DO, maupun yang sudah lulus?
            Dengan demikian, batasan ruang lingkup dari populasi yang akan diteliti harus didefinisikan dengan jelas dan tepat, karena semua kesimpulan yang nantinya akan diperoleh dari hasil penarikan contoh (sampel) hanya berlaku untuk populasi yang dimaksud, bukan untuk populasi yang berada diluar batasan ruang lingkup yang diberikan.
Perhatikan pendefinisian populasi berikut:
            "Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Agroteknologi Angkatan 2009, Faperta Unpad, yang masih aktif"
            Pendefinisian populasi seperti ini sudah jelas batas ruang lingkupnya, sehingga kesimpulan apapun yang diberikan terhadap suatu sampel yang diambil dari populasi tersebut hanya berlaku untuk populasi yang dibatasi oleh Mahasiswa Agroteknologi Angkatan 2009, Faperta, Unpad, yang masih aktif kuliah dan tidak berlaku untuk mahasiswa lainnya yang berada diluar ruang lingkup tersebut. Jadi hanya menggambarkan keadaan rata-rata nilai IPK mahasiswa pada ruang lingkup tersebut.
            Populasi dapat dibagi berdasarkan keadaan (kompleksitasnya) dan berdasarkan ukurannya. Menurut keadaannya populasi dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu Populasi Homogen, dan Populasi Heterogen. Berdasarkan ukurannya, populasi juga dibagi menjadi dua bagian yaitu Populasi Terhingga  dan Populasi Tak Terhingga.
a.    Populasi berdasarkan keadaannya:
Ø  homogen apabila unsur-unsur dari populasi yang diteliti memiliki sifat-sifat yang relatif seragam satu sama lainnya. Karakteristik seperti ini banyak ditemukan di bidang eksakta, misalnya air, larutan, dsb. Apabila kita ingin mengetahui manis tidaknya secangkir kopi, cukup dengan mencoba setetes cairan kopi tersebut. Setetes cairan kopi sudah bisa mewakili kadar gula dari secangkir kopi tersebut.
Ø  Populasi Heterogen: populasi dikatakan heterogen apabila unsur-unsur dari populasi yang diteliti memiliki sifat-sifat yang relatif berbeda satu sama lainnya. Karakteristik seperti ini banyak ditemukan dalam penelitian sosial dan perilaku, yang objeknya manusia atau gejala-gejala dalam kehidupan manusia yang bersifat unik dan kompleks. Misalnya, apabila kita ingin mengetahui rata-rata IQ mahasiswa Unpad angkatan 2009 (berarti rata-rata dari semua Fakultas). Jelas, rata-rata IQ mahasiswa antar Fakultas kemungkinan besar bervariasi, IQ mahasiswa Fakultas Kedokteran relatif lebih tinggi dibanding dengan rata-rata IQ mahasiswa Fakultas lainnya, sehingga kita bisa mengatakan bahwa populasi tersebut keadaannya heterogen. Untuk mengatasi populasi yang heterogen dalam melakukan penelitian, perlu adanya pengelompokan berdasarkan karakteristiknya, sehingga dari populasi yang ada digrupkan dalam beberapa kelompok, yang nantinya kelompok-kelompok tersebut akan hogomen dalam kelompoknya, tetapi kelompok-kelompok tersebut sangat heterogen diantara kelompkonya. Pada pemisalan sebelumnya, kelompok identik dengan Fakultas.

b.    Populasi berdasarkan ukurannya:
Ø  Populasi terhingga: Populasi dikatakan terhingga bilamana anggota populasi dapat diperkirakan atau diketahui secara pasti jumlahnya, dengan kata lain, jelas batas-batasnya secara kuantitatif, misalnya:
·         Banyaknya Mahasiswa Agroteknologi Kelas A, Angkatan 2009, Faperta, Unpad
·         Tinggi penduduk yang ada di kota tertentu
·         Panjang ikan di sebuah danau
Ø  Populasi tak hinggapopulasi dikatakan tak hingga bilamana anggota populasinya tidak dapat diperkirakan atau tidak dapat diketahui jumlahnya, dengan kata lain, batas-batasnya tidak dapat ditentukan secara kuantitatif, misalnya:
·         Air di lautan
·         Banyaknya pasir yang ada di Pantai Pangandaran.
·         Banyaknya anak yang menderita kekurangan gizi
·         Kedalaman suatu danau yang diukur dari berbagai titik
Namun demikian, dalam praktek kehidupan sehari-hari banyak kita jumpai adanya populasi terhingga dianggap sebagai populasi tak terhingga dan hal seperti ini dibenarkan secara statistika, misalnya banyaknya orang Indonesia yang merokok, banyaknya penduduk Indonesia sekarang, dan sebagainya.


2.      Sampel
            Sampel merupakan bagian dari populasi yang dipilih dengan menggunakan aturan-aturan tertentu, yang digunakan untuk mengumpulkan informasi/data yang menggambarkan sifat atau ciri yang dimiliki populasi.
            Dalam statistik inferensial, kita ingin mengetahui gambaran karakteristik tertentu dari suatu populasi, namun terkadang hal tersebut terkadang tidak mungkin dan tidak praktis untuk mengamati seluruh obyek/individu yang menyusun suatu populasi. Pedagang eceran beras hanya meneliti segenggam beras untuk menentukan kualitas sekarang beras. Pedagang emas hanya meneliti bekas gosokan dari perhiasan tersebut untuk menentukan kualitas emas perhiasan tersebut. Peneliti lingkungan hanya meneliti beberapa milliliter air untuk menentukan kualitas air pada suatu sungai atau danau. Pertanyaannya, mengapa tidak meneliti secara keseluruhan, bukankah hasilnya akan lebih baik dan lebih tepat?
            Mengingat seorang peneliti dalam melakukan penelitian penuh dengan keterbatasan baik dari segi biaya, waktu, dan lain sebagainya maka penelitian yang dilakukan untuk mengumpulkan informasi atau data yang diinginkan sesuai dengan permasalah yang diteliti ditempuh dengan mengambil sebagian dari populasi, dengan mempertimbangkan ketebatasan yang ada dari peneliti. Bagian dari populasi tersebut sebagai tempat untuk mengumpulkan informasi dinamakan contoh (sampel).
            Dengan demikian, sampel merupakan bagian dari populasi yang dipilih dengan menggunakan aturan-aturan tertentu, yang digunakan untuk mengumpulkan informasi/data yang menggambarkan sifat atau ciri yang dimiliki populasi.
            Dari definisi tersebut jelas bahwa sampel yang kita ambil digunakan untuk menggambarkan karakteristik suatu populasi, atau dengan kata lain, sampel digunakan untuk menggeneralisasi suatu populasi. Dengan demikian, sampel harus betul-betul bersifat representatif sehingga dapat mewakili dan mencerminkan karakteristik populasi dari mana sampel itu diambil.
            Perhatikan gambaran sampel representatif pada gambar di bawah ini. Area yang berwarna lebih muda menggambarkan konsentrasi/nilai rendah dan yang berwarna tua menggabarkan konsentrasi/nilai yang tinggi. Sampel yang refresentatif harus bisa mewakili nilai dari populasi sehingga peluang terambilnya warna muda, menengah, atau warna tua harus sama atau proporsional.
sampel.PNG
Seorang peneliti, jarang mengamati keseluruhan populasi karena dua alasan:
·         Biaya terlalu tinggi dan
·         Populasi bersifat dinamis, yaitu unsur-unsur populasi bisa berubah dari waktu ke waktu.
     Ada tiga keuntungan utama pengambilan sampel:
·         Biaya lebih rendah,
·         Pengumpulan data lebih cepat, dan
·         Hal ini mungkin untuk memastikan keseragaman dan untuk meningkatkan akurasi dan kualitas data karena kumpulan data lebih kecil .
     Jenis-Jenis sampel
            Dalam proses pemilihan sampel ada dua faktor penentu yang berperan yaitu:
·         Ada atau tidak adanya faktor pengacakan, dan
·         Peran orang yang memilih (mengambil) sampel tersebut.
            Pada proses pengambilan sampel dengan menggunakan faktor pengacakan didalamnya termasuk unsur-unsur peluang, sedangkan peran dari orang pemilih sampel dapat bersifat obyektif dan dapat pula bersifat subyektif.
            Sifat obyektif dalam memilih sampel adalah suatu cara pemilihan sampel yang menggunakan metode tertentu yang jelas, sehingga penarikan sampel tersebut bila dilakukan oleh orang lain akan diperoleh hasil yang tidak jauh berbeda dari penarikan sampel sebelumnya, dalam menduga sifat atau ciri populasinya. Jadi dengan pengambilan sampel dengan menggunakan metode tertentu dan jelas, akan diperoleh sampel yang konsisten, artinya bila pengambilan sampel dilakukan secar berulang-ulang terhadap populasi yang sama hasilnya tetap terkendali dalam arti tetap menggambarkan sifat atau ciri dari populasinya, walaupun hasilnya tidak persis sama antara yang satu dengan yang lainnya.
            Sifat subyektif dalam memilih sampel adalah suatu pemilihan sampel dengan melibatkan pertimbangan pribadi dari pengambil sampel untuk mengambil sampel yang baik menurut versinya sendiri (versi peneliti). Dengan demikian sampel yang diperoleh merupakan sampel yang berbias, apalagi orang yang memilih cotnoh sampel mempunyai latar belakang yang kurang terhadap konsep statistika khususnya konsep tentang teori penarikan sampel.










BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
            Parameter adalah bilangan nyata yang menyatakan sebuah karakteristik dari sebuah populasi, contohnya mean populasi, varians populasi dan simpangan baku. Statistik adalah bilangan nyata yang menyatakan sebuah karakteristik dari sebuah sampel, contohnya mean/rata-rata sampel, varians sampel, simpangan baku sampel.
Data kontinu  yaitu data yang didapat dari hasil pengukuran. Data hasil pengukuran diperoleh dari tes, kuesioner ataupun alat ukur lain yang sudah terstandar misalnya timbangan, panjang ataupun data psikologis yang lain. Data diskrit yaitu data data yang tidak dikonsepsikan adanya nulai-nilai di antara data (bilangan) lain yang terdekat contoh banyaknya jumlah anak di suatu keluarga, jumlah rumah di suatu kampung.
Skala Pengukuran Statistik ada 4 macam skala pengukuran yaitu:  skala nominal, skala ordinal, skala interval dan skala rasio. Keterangan: Kode 1 sampai dengan 4  semata-mata hanyalah untuk memberi tanda saja, dan tidak dapat dipergunakan sebagai perbandingan antara satu data dengan data yang lain.
Populasi merupakan keseluruhan (universum) dari objek penelitian yang menjadi pusat perhatian dan menjadi sumber data penelitian. Sampel merupakan bagian dari populasi yang dipilih dengan menggunakan aturan-aturan tertentu, yang digunakan untuk mengumpulkan informasi/data yang menggambarkan sifat atau ciri yang dimiliki populasi.
B.     Saran
                Demikian yang dapat saya paparkan mengenai materi ilmu statistik yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kelemahan dan kekurangan. Karena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atas referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini. Penulis banyak berharap para pembaca yang memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penyusun demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya di fakultas Teknik.





















DAFTAR PUSTAKA
https://www.tipsbelajarmatematika.com/2018/04/tentang-variabel-diskrit-dan-variabel.html?m=1




Tidak ada komentar:

Posting Komentar